PEMANFAATAN E-COMMERCE PADA UMKM DI KABUPATEN PRINGSEWU

Main Article Content

Arum Arupi Kusnindar

Abstract

Teknologi Informasi saat ini mempeunyai peran yang sangat penting, tidak hanya menjadi sarana komunikasi tetapi mempunyai peran yang sangat penting dalam aktivitas ekonomi terutama dalam pemasaran dan networking. Teknologi mengubah paradigma pemasaran dari konvensional menjadi era digital atau di kenal dengan nama E-commerce. Pemasaran dengan media digital membantu bisnis kecil dengan anggaran yang terbatas mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Namun, peluang ini belum sepenuhnya di manfaatkan oleh para pengusaha di kabupaten Pringsewu. Tingkat adopsi pengusahan terhadap internet cukup tinggi namun sebatas pada komunikasi. Terdapat keengganan pengusaha untuk memanfaatkan internet sebagai media pemasaran produk. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan melakukan pemetaan sejauh mana penetrasi UMKM terhadap pemanfaatan internet serta faktor-faktor apa yang menghambat pemanfaatan internet secara maksimal dalam membantu usaha mereka. Penelitian ini juga merekomendasikan manajemen aplikasi yang tepat dan mampu dimanfaatkan baik oleh pemerintah daerah dan UMKM. Penelitian ini memakai pendekatan survey dengan menggunakan statistik deskriptif untuk menyaring hasil wawancara dalam bentuk tabel dan pola. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa adopsi internet pada UMKM cukup tinggi, namun sebatas pada keperluan komunikasi. Mereka belum mempunyai ketrampilan dalam pengelolaan media digital yang diperlukan, serta ketakutan terhadap biaya pemeliharaannya. Oleh karena itu, diperlukan peran serta pemerintah tidak hanya dalam hal memberi pelatihan namun juga membuat sebuah aplikasi online yang mampu menampung produk dan memasarkan produk UMKM. Diharapkan aplikasi bentukan pemerintah ini mampu meningkatkan omset penjualan UMKM

Article Details

How to Cite
Arupi Kusnindar, A. (2019). PEMANFAATAN E-COMMERCE PADA UMKM DI KABUPATEN PRINGSEWU. Jurnal Kelitbangan Bappeda Pringsewu, 3(2), 84-94. Retrieved from http://jurnallibangpringsewu.com/index.php/jurnallitbang/article/view/38
Section
Articles

References

Abou-Shouk, M & Eraqi, M. 2015. Perceived barriers to e-commerce adoption in SMEs in developing countries : the case of travel agents in Egypt. International Journal of Services and Operations Management, 21(3), 332–353.
Arief, Mohammad, et al. 2013. "The effect of entrepreneurial orientation on the firm performance through strategic flexibility: A study on the SMEs cluster in Malang." Journal of Management Research 5.3 : 44-62.
Barry, A., Rodriquez, E., and Sandee, H. 2014. ‘Firm and Group Dynamics in the Small and Medium Enterprise Sektor in Indonesia’, Small Business Economics Journal, v.8, pp. 141 – 61
Bappenas. 2016. Penguatan UMKM untuk pertumbuhan ekonomi yang Berkualitas. Warta KUMKM V.5 No. 1- 2016
Kartiwi, M., MacGregor, R.C. 2017. Electronic Commerce Adoption Barriers in Smal to Medium-Sized Enterprises (SMEs) in Developed and Developing Countries: A Cross-Country Comparison. Journal of Electronic Commerce in Organization, Vol 5, Issue 3. 2017.
Kasmi, Adi Nurdian Candra. 2017. “Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk.” Jurnal Aktual STIE Trisna Negara 15(2):109–16.
Khristianto, Whenny. 2012. “Pengunaan Teknologi Informasi di Usaha Kecil dan Menengah”. Makalah disajikan dalam Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Fisip Unila.
Iriani., Sanaji. 2017. Kegagalan Implementasi Toko Online;studi kasus pada Kperasi UMKM Sidoarjo.Makalah di dajikan dalam Seminar Nasional Riset Inovatif Universitas Negeri Surabaya.
Rahmana, A. 2009. Peranan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), ISSN: 1907-5022, Yogyakarta.